Selasa, 05 Juli 2011

Sejarah Ilmu Ekonomi

      Ilmu ekonomi tidak diciptakan secara mendadak tetapi ia berkembang melalui suatu proses yang panjang. Ilmu ekonomi dianggap sebagai suatu disiplin baru mulai tahun 1776, yaitu sejak ditulisnya sebuah buku oleh seorang ahli ekonomi, ADAM SMITH. Dimana buku tersebut berjudul “ AN INGUIRY INTO THE NATURE AND CAUSES OF THE WEALTH OF NATIONS. Tahun tersebut sering dianggap sebagai tahun kelahiran ilmu ekonomi dan Adam Sith dianggapa sebagai bapak Ilmu ekknomi karena beliaulah yang memberikan dasar dan konsep yang jelas secara utuh . 
Sebetulnya penelaahan ekknomi sudah mulai dipelajari orang sejak Aristoteles (350 sm ) .Namun Penelaahan ekonomi pada waktu itu baru dipelajari pada tingkat yang sangat mendasar , “LEBIH BERSIFAT FILOSOFIS” . Kemudian pada tahun 1270, penelaahan ekonomi tersebut diusahakan untuk lebih dikembangkan lagi Oleh THOMAS AGUINAS dengan beberapa tambahan pemikiran yang bersumber dari buku injil . Pada tahun 1758 FRANCOIS QUESNAY mencoba untuk menjelaskan lebih jauh , namun meskipun demikian sampai pada tahap ini perkembangan penelaahan belum sampai membentuk satu disiplin ilmu sendiri. Sampai tahapan ini ekonomi sering disebut dengan FISIOKRAT. Pada tahun 1776 muncul tokoh baru , yaitu ADAM SMITH , yang berhasil mengangkat penelaahan ekonomi menjadi suatudisiplin baru yang disebut ilmu ekonomi. Sejak itu, ilmu ekonomi sangat banyak dirasa manfaatnya oleh manusia di dalam usaha merekea untuk tarap hidup. Jadi perlu kita perhatikan bahwa ilmu ekonomi berkembang melalui jalan yang panjang dan baru mendapat sambutan ilmu setelah setelah keluarnya buku Adam Smith tersebut di atas.
Ilmu ekonomi berkembang terus. Gagasan Adam Smith tersebut menjadi dasar bagi ahli ekonomi berikutnya , yaitu Thomas Malthus, David Ricardo, dan John Stuart Mill. Ahli-ahli ekonomi yang disebut belakangan seterusnya dikembangkan oleh Mazhab Austria dan diteruskan oleh oleh Leon Walras, Alfred Marshall, dll pada tahun 1890an. Tradisi klasik ini menelorkan perkembangan bagian teori ekonomi yang dikenal sebagi teori ekonomi mikro.
Sisi lain dari perkembangan ilmu ekonomi yang berasal dari Adam Smith adalah cabang yang dikembangkan oleh Karl Marx dan dianut oleh negara-negara sosialis komunis dan yang timbul belakangan dinegara-negara yang menganut faham ekonomi liberal yaitu golongan radikal atau golongan “ New Left” . Pengertian tentang tradisi kalasik yang menjadi sumber dari teori ekonomi mikro perlu benar-benar di camkan karena kita akan sering menjumpainya .
Kalau kita melihat defresi ekonomi yang terjadi tahun 1930an dimana melahirkan ahli ekonomi yang baru yaitu JOHN MAYNARD KEYNES” dengan bukunya yang sangat terkenal “ GENERAL THEORI OF EMLOYMENT, INTEREST AND MONEY” yang menjadi dasar bagi perkembangan teori ekonomi makro . Perlu kita camkan bahwa perkembangan teori ekonomi makro didasari oleh buku Keynes tersebut , karena itu kita akan sering menjumpai nama Keynes pada modul –modul berikutnya . Dimana Keynes mendasarkan pada adanya campu tangan pemerintah dalam perekonomian .
Perkembangan ekonomi yang pesat dan rumit menumbuhkan beberapa masalah yang tidask dapat dipecahkan dengan beberapa alat-alatyang sudah dikembangkan oleh klasik maupun Keynes , Seperti masAlah Stagflasi, ketidak pastian masa depan , dinamika ekonomi dsb. Kerena itu setelah Keynes maka berkembanglah tunas ekonomi yang baru yang tidak sepenuhnya klasik dan tidak sepenuhnya Keynes misalnya kelompok “ POST Keynesian Ekonomimicsts, Kelompok moneteris, Kelompok Rational Expectations dsb.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More